Tak Harus Fasih Berbahasa Inggris, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Bantu Mahasiswa Belajar Mulai Level Basic

UNIKAMA – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) gelar “Open House” bertajuk Talkshow. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan seputar perkuliahan di dalam Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Talkshow ini dilakukan secara Daring melalui live youtube Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dan terbuka untuk umum, Senin (24/05).

Dibagi dalam dua sesi, di sesi pertama Riza Weganofa, M.Pd selaku Ketua Prodi menjelaskan tentang Prodi Pendidikan Bahasa Inggris untuk mengenalkan kepada masyarakat luas.

“Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ini di bawah naungan Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Unikama. Tahun ini spesial sekali Prodi akan berulang tahun yang ke-36. Kami sangat bangga sekali di support oleh Dosen-Dosen yang profesional, banyak diantara kami dosen senior tetap mensupport generasi muda untuk kemajuan Prodi, membantu dalam banyak hal. Banyak sekali Dosen senior yang lulusan dari Luar negeri dan sebagian juga dalam Negeri. Selain itu, kami sudah meluluskan banyak alumni yang tidak hanya berkiprah di bidang pendidikan, tetapi juga dibidang pariwisata, PNS di Kementerian, ada juga sebagai Edupreneur, dan sukses di bidang kursus juga banyak,” ungkapnya.

Ada yang spesial di tahun 2020 menurut hasil evaluasi dari kementerian pendidikan tinggi dalam Anugrah Kampus Unggulan Unikama berhasil meraih Top 100 besar Perguruan Tinggi se Indonesia. Tentunya semua ini hasil dari kerja keras dan support sistem dari seluruh sivitas akademika, mahasiswa, khususnya para stakekholders dan juga alumni. Selain itu, di tahun 2020 Unikama juga mendapatkan peringkat 1 Universitas PGRI terbaik se Indonesia.

“Tidak perlu diragukan lagi untuk bergabung di Unikama terutama Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Di tahun ini Prodi mendapatkan Hibah MBKM, dengan artian kami siap untuk mencetak lulusan yang cepat terserap oleh dunia kerja/industri seperti harapan Kemdikbud. Untuk kurikulum kami juga sudah terupgrade dalam pengimplementasian MBKM. Selain itu, kami juga sudah melakukan kerjasama dengan mitra dari beberapa tahun yang lalu yang siap membantu kami mendidik mahasiswa di dunia usaha,” tuturnya.

Melalui kerjasama juga diharapkan akan bermanfaat bagi mahasiswa setelah lulus nanti agar mereka memiliki bekal yang cukup dan skill yang mumpuni untuk bersaing didunia kerja. Kerjasama tidak hanya di Indonesia, tetapi juga luar Negeri dari Asia terutama di Australia.

“Kami juga sudah mengirim beberapa mahasiswa untuk mengikuti study excursion ke luar Negeri tidak hanya untuk jalan-jalan, tetapi mereka melakukan Praktik Kerja Lapangan (PPL) Internasional,” paparnya.

Wanita yang akrab disapa Riza ini juga menerangkan bahwa untuk masuk ke Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tidak harus bisa berbahasa Inggris, karena di semester I Prodi memiliki mata kuliah Integrated Course yang mewadahi semua mahasiswa agar bisa practice speak English dari level basic.

“Misalnya ada mahasiswa baru yang sudah ada di tahapan advance atau tahapan intermediate atau basic jangan khawatir. Semua mahasiswa akan mulai di level yang sama dari basic, intermediate, kemudian advance. Jadi semua akan memiliki skill yang sama, hal ini terbukti dan bisa ditanyakan kepada para alumni. Kurikulum ini sudah kami terapkan sejak tahun 2014, itulah yang spesial dari Prodi kami,” tambahnya.

Untuk masuk ke Unikama sendiri ialah tes kemampuan umum, jadi tidak spesifik harus tes speaking, reading, listening, dan writing. Masuk dalam Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tidak harus menjadi guru, banyak sekali course yang akan dipelajari disini. Apalagi penerapan kurikulum MBKM, akan lebih menarik pembelajarannya dan juga mendapatkan banyak pengalaman yang akan menjadi bekal lulusan menuju dunia kerja/industri.

About the Author: