Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Publikasi, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unikama Gelar Workshop Penulisan Artikel

UNIKAMA – Mutu pendidikan di perguruan tinggi perlu terus ditingkatkan. Untuk itu, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang (Malang) gelar “Workshop on Article Writing for Journal Publication”. Kegiatan yang berlangsung di gedung G5 dan G6 diikuti oleh 65 calon wisudawan semester genap tahun 2018/2019, (16/08) kemarin. Pemateri sendiri ialah Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Bahasa Inggris Riza Weganofa, M.Pd. Hal tersebut dilakukan untuk menyambut kebijakan akademik universitas dimana mahasiswa wajib melakukan publikasi ilmiah.

Seperti yang dipaparkan oleh sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Ibu Rizky Lutviana, M.Pd bahwa acara ini diadakan sebagai enrichment activity atas teori yang diberikan dalam mata kuliah advanced academic writing.

“Seperti yang kita ketahui bahwa penulisan skripsi dan publikasi artikel ilmiah adalah serupa namun tak sama,” tambah Ibu Rizky saat di wawancara.

Antusias mahasiswa terlihat disaat pemateri menjelaskan tentang konsep penulisan artikel ilmiah dan bagaimana cara membuat judul yang berbobot. Karena dalam workshop ini tidak hanya menyuguhkan teori saja, mahasiswa juga diajak untuk pratik langsung menulis artikel ilmiah.

“Workshop ini sangatlah menarik dan sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa semester akhir karena hal ini dapat menambah ilmu penulisan artikel yang selama ini kita hanya dapatkan saat perkuliahan,” ungkap Thermutis Paulina mahasiswa angkatan 2015 salah satu peserta workshop.

Untuk kedepannya workshop ini akan selalu diadakan untuk mahasiswa semester akhir agar mereka memiliki tambahan ilmu penulisan artikel. Terutama bagi mahasiswa yang akan meneruskan pendidikan akan banyak sekali membuat artikel dan mempublikasikan.

About the Author: